Thursday, March 29, 2012

Home » » Pengenalan CMS Joomla

Pengenalan CMS Joomla

By OpensTutor on
pengenalan CMS Joomla
Pengenalan CMS Joomla - Joomla merupakan sistem management konten terbuka (opensource) yang dibangun mengunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL, joomla pertama kali dirilis pada versi 1.0 yaitu pada tanggal 17 september 2005 dengan fitur system caching, polling, RSS dan lain-lain. Menurut beberapa sumber kata “joomla” berasal dari bahasa swahili yang berarti kebersamaan.

Joomla berkembang dengan sangat pesat, sampai saat ini joomla sudah mengeluarkan lebih dari 17 versi yang dapat kita download secara gratis, untuk mengetahui lebih jelas mengenai perkembangan joomla berikut saya rangkum pada table 1.
tabel perkembangan joomla
Tabel 1.0 Perkembangan versi Joomla

Keunggulan dan Kelemahan Joomla.

Keunggulan Joomla
  • CMS opensource yang dapat dipakai/ distribusikan secara gratis
  • Dapat dipakai untuk membangun web sederhana hingga profesional
  • Banyak Plugin (Extension)
  • Banyak pendukung komunitas joomla diseluruh dunia, seperti komunitas penguna joomla indonesia
  • Tema web joomla dapat diubah menurut selera dan anda bisa mencari. mendownload tema joomla secara gratis maupun berbayar.
Kelemahan Joomla
  • Struktur URL joomla yang kurang User friendly namun dapat diatasi dengan komponen (extensions) yang dapat didownload secara gratis maupun berbayar
  • Terdapat ketidak sesuaian antara CMS versi sekian dengan Extensions Joomla, misalnya anda mengunakan joomla versi 2.0, jika anda mendownload extensions untuk versi 1.5 dan menupload / install maka tidak akan bisa / error
Sekian artikel  mengenai Pengenalan CMS Joomla semoga bisa memberikan infomasi yang bermanfaat bagi anda yang ingin membuat web dengan mengunakan CMS Joomla. :)

0 comments:

Post a Comment