Monday, March 19, 2012

Home » » Apa itu Opencart ?

Apa itu Opencart ?

By OpensTutor on
apa itu opencart
Apa itu Opencart ?  - Bagi kita orang awam yang ingin membangun sebuah situs penjualan secara online atau toko online dengan mudah dan tanpa harus menguasai bahasa pemrograman yang ribet, maka opencart merupakan solusinya, Content Management System (CMS) ini didesain secara simple dan mudah untuk dioperasikan, selain itu opencart juga merupakan perangkat lunak opensource yang dapat dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas.

Sejarah Opencart

Menurut Wikipedia, Opencart di Development oleh Daniel Kerr dan Qphoria dan merilis versi stabilnya versi 1.4.9.3 / December 19, 2010. Namun pada saat artikel ini ditulis opencart telah merilis veris terbarunya yaitu v1.5.2 pada versi terbarunya opencart menambahkan beberapa fitur diantaranya :
  • Order editing system 
  • Integration with maxmind anti fraud system 
  • Changed the cart page making it look a lot nicer integrating with reward points and coupons 
  • Added the ability to ban customers by IP. 
  • Google base availability tag 
Dari segi komunitas opencart saat ini belum terlalu populer dari pada teman-temannya seperti joomla, wordpress, dll yang sudah besar dan membentuk komunitas diberbagai penjuru dunia. Namun jangan khawatir beberapa forum bisa anda manfaatkan untuk sekedar berdiskusi atau bertanya mengenai masalah yang anda dapatkan pada saat mengunakan opencart, sebut saja forum opencart khusus untuk penguna di indonesia, seperti http://forum.opencart.com/viewforum.php?f=104 dan http://opencart-id.com 

Kesimpulan

Opencart merupakan CMS yang simple, mudah di custom, opensource, mendukung multi bahasa termasuk bahasa indonesia, URL Search Engine Friendly, Terdapat Fasilitas Foto Tambahan, Dukungan multi pembayaran termasuk mengunakan transfer bank lokal indonesia, Mata uang dapat dirubah ke dalam bentuk rupiah, dan fitur tidak terbatas untuk produk.


Bagaimana apakah anda ingin membangun toko online untuk perusahaan anda ? silahkan mengunakan opencart, dapat didownload di Download Opencart Versi Terbaru

2 comments: