Wednesday, March 28, 2012

Home » » Cara Instalasi Opencart

Cara Instalasi Opencart

By OpensTutor on
Setelah sebelumnya saya posting mengenai Apa itu Opencart pada artikel ini kita akan membahas tentang cara instalasi opencart di komputer kita pribadi atau dalam localhost (server local), Untuk melakukan instalasi kita harus menyiapkan sebuah database yang akan kita buat mengunakan PHPMyAdmin dan paket opencart yang terbaru yaitu versi 1.5, serta saya mengunakan software XAMPP versi terbaru untuk membuat server lokal (localhost).

Download semua berkas yang mendukung untuk instalasi opencart, diantaranya XAMPP, Opencart versi terbaru dan lakukan instalasi untuk XAMPP dan berikut ini langkah-langkah cara instalasi opencart :

1. Saya asumsikan anda sudah mendownload 3 berkas yang disebut diatas dan sudah menginstal XAMPP, buka paket opencart yang telah anda download kemudian ekstrak file yang didalam folder upload ke C:\xampp\htdocs dan rename folder upload menjadi toko (nama toko dapat diubah terserah anda).
2. Selanjutnya kita akan membuat sebuah database untuk web opencart kita dengan cara buka browser kesayangan anda, ketikan pada URL localhost/phpmyadmin klik Database pada menu localhost dan isikan nama database pada field Create new database misalnya saya mengunakan nama db_tokoku.

Cara Instalasi Opencart
Gambar 1.0 Membuat database
3. Setelah kita membuat database selanjutnya kita akan menginstal opencart, dengan cara ketikan pada URL : localhost/toko (kata toko tergantung pada folder yang ada pada htdocs, misalkan anda tadi merename file upload menjadi toko)
4. Centang pada I agree to the license dan klik Continue
5. Klik tombol Continue
6. Pada step 3 yaitu Configuration isikan semua from yang terdapat pada bintang seperti berikut ini :
cara instlasi opencart
Gambar 1.1 Configurasi Opencart 
7. Klik Continue untuk melanjutkan tahap berikutnya.
8. Selamat anda sudah berhasil menginstal opencart, namun masih satu tahap yaitu menghapus folder install yang terdapat pada folder toko tadi.
9. Silahkan anda login ke admin opencart anda dengan mengetikan URL : http://localhost/toko/admin/ dan apabila anda berhasil maka tampilan akan seperti ini.  

cara instlasi opencart
Gambar 1.2 Tampilan Dashboard Opencart
Sekian artikel yang dapat saya buat mengenai Cara Instalasi Opencart semoga bisa menjadi petunjuk anda untuk membangun toko online secara mandiri mengunakan opencart. Semoga bermanfaat :)

3 comments:

  1. terimkasih gan, agan sudah menbuat tutorial ini, jadi terbantu buat install opencart dikomputer pribadi sebagai belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, terimakasih sudah berkunjung diblog saya.

      Delete
  2. Wis kalo webset asli pake open cart vuln untuk di injec

    ReplyDelete